Pola dan gelagat kriminalitas masyarakat era globalisasi memiliki ciri karakteristrik dalam perkembangannya, sehingga kerapkali sukar dirumuskan dalam formulasi hukum pidana (Indonesia).

Kejahatan sistem teknologi informasi, narkotika, korupsi, money laundry dan terorisme adalah sebagian dari sekian banyak bentuk kejahatan non konvensional yang berskala internaional.

Langkah pemerintah Indonesia dalam mengkaji berbagai bentuk kejahatan, baik pada tingkat nasional maupun internasional, telah memunculkan suatu kenyataan bahwa para ahli hukum yang mengkaji isu-isu tentang kejahatan dimaksud masih terbatas. Sehingga sudah saatnya pendidikan hukum tingkat magister di Indonesia diarahkan untuk menghasilkan luiusan yang menguasai dan memahami tentang makna, peranan dan substansi hukum pidana nasional yang mengandung aspek internasional. Kebutuhan tenaga ahli di atas sangat mendesak dan relevan dengan perkembangansaat ini.

Program ini bertujuan membentuk Magister Hukum Pidana dalam lingkup perkembangan ilmu hukum, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat global dalam memahami tindak pidana yang mengandung aspek internasional.